Jumat, 09 November 2012

ujian TAP UT



Sesungguhnya, apapun yang Anda perbuat, Tuhan Maha Mengetahui.
Karena itu, bekerjalah dengan jujur dan jangan berbuat curang !

RENTE DALAM BIROKRASI PELAYANAN PUBLIK

A. KASUS
Masyarakat pengguna jasa layanan public terpaksa melakukan rente. Rente adalah kata lain dari uang pelican, uang semir, uang sogok atau pungutan liar yang diberikan kepada birokrasi pelayan public. Masyarakat terpaksa melakukannya karena kalau tidak mereka tidak akan menerima pelayanan yang semestinya.

Hasil penelitian tentang Kinerja Pelayanan Publik pada Instansi Perizinan dan Pertanahan di Sumatra Barat, Sulawesi Selatan, dan DIY menunjukkan hal tersebut. Sebanyak 58% masyarakat mengaku telah memberikan biaya diluar biaya resmi setiap berurusan dengan birokrasi. Pada sisi yang sama, 61% birokrasi atau petugas pelayanan public menyatakan telah menerima pemberian dalam bentuk uang atau barang dari masyarakat. Mengenai pelaku awalnya baik masyarakat maupuan birokrat sama-sama berinisiatif memberi kesempatan untuk melakukan praktik rente ini.

Rente pelayanan public terjadi karena PERTAMA, kuatnya peran birokrasi dalam pemberian pelayanan public yang pada sisi lain tidak seimbang dengan pengawasan yang efektif dari kekuatan politik (DPR/DPRD) dan masyarakat. KEDUA, tiadanya kepemimpinan birokrasi yang menegakkan aturan standard pelayanan dan memberikan sanksi kepada bawahan yang melanggar. Bahkan pemimpin cenderung memberi peluang terjadinya rente tersebut. KETIGA, rendahnya penghasilan yang diterima pegawai. Pegawai cenderung menaikkan standar hidupnya ketika meletakkan diri dalam status social masyarakat. Dalam memenuhi kepentingan ini, pegawai mencari pendapatan tambahan di luar pendapatan resmi.

Sumber : Rente dalam Birokrasi Pelayanan Publik, http://www.cpps.or.id//upload/policy briefs/policy brief rente berokrasi bw. 2.pdf.
B. SOAL :
No. PERTANYAAN : SKOR
1. Jika Anda ingin mereformasi birokrasi sehingga dapat memberikan pelayanan sesuai dengan aspirasi pengguna jasa (masyarakat) bagaimana cara Anda mereformasi birokrasi tersebut?
Gunakan konsep formulasi dan pelaksanaan kebijakan public! 8
2. Rente birokrasi dalam pelayanan public ternyata berkaitan dengan kepemimpinan birokrasi. Analisislah kepemimpinan bagaimana yang dapat menciptakan birokrasi yang bersih, efektif, dan efisien ! 8
3. Jika birokrasi didaerah Anda disinyalir terjadi rente birokrasi dalam pelayanan public, apa yang Anda lakukan bila Anda ingin menyehatkan birokrasi didaerah Anda tersebut? Gunakan konsep diagnosis dan invervensi!. 8
4. Salah satu penyebab rente birokrasi dalam pelayanan public adalah kuatnya peran birokrasi dan lemahnya pengawasan (politik maupun masyarakat). Jika Anda, ingin membenahi birokrasi kita sehingga dapat memberikan pelayanan public yang memuaskan, bagaimana cara membenahi birokrasi kita?
Gunakan konsep system administrasi Negara Indonesia dan teori organisasi! 12
Jumlah 36

Selamat Mengerjakan !!

0 komentar:

Posting Komentar